Minggu, 10 Januari 2016

Major Ideologies in Political Science

Ideologi Umum di Ilmu Politik

Ideologi atau dasar pemikiran yang dihasilkan oleh seorang filsuf yang ahli di bidangnya atau dalam hal ini, bidang politik. Banyak sekali filsafah-filsafah pada zaman terdahulu yang menuangkan filosofinya sehingga terbentuklah sebuah ideologi yang membentuk sistem yang lebih detail akan sebagaimanya sebuah sistem politik itu.Ideologi terkait politik terdiri atas banyak sekali jenis-jenisnya, namun di penjelasan kali ini, penulis hanya akan membuat ideologi terkait ilmu politik yang sudah umum kita dengarkan.

Pertama-tama tentu saja terlebih dahulu kita harus membahas arti dari Ideologi Politik, ideologi politik yaitu kepercayaan dasar yang dipegang oleh masyarakat dan ideologi ini juga mengatur masyrakat, ekonomi serta pendidikan. Dan juga ideologi berpengaruh besar dengan sistem politik suatu negara dan tanap kita sadari, masyaraka di dalam nya pun ikut ambil peran dalam menjalankan sistem yang sudah di atur oleh ideologi tersebut. 

Dan juga, ideologi poltik ikut serta dalam mengatur dalam tata cara partai diberlakukan, pemerintahan dan gerakan sosial. Lalu? Untuk apa ideologi politik itu ada? Ideologi politik itu ada sbagai wadah untuk masyarakat utuk mengikuti program politik. 

Banyak sekali macam dan jenis dari Ideologi politik ini, diantara lain yang sering kita dengar secara umum adalah Liberalisme yang identik dengan kebebasannya dan Demokrasi yang identik dengan keputusan bersama. Atau ideologi Marxism yang berpendapat bahwa kekuatan suatu negara bergantung kepada kekuatan pasa dan ekonomi negara tersebut,

Dalam bahasa yang lebih sederhana Sosilisme dan Communism mempunyai beberapa kesamaan, seperti yang diterapkan di Korea Utara adalah salah satunya contohnya, Negara yang hanya mempunyai satu statiun televisi dan satu siaran radio. Masyarakat tidak mempunyai hak untuk berpendapat bahkan ikut andil dalam dunia politik, masyarakat sipil pada akhirnya hanya akan menjadi tentara dan kekerasan sangat diterpkan dalam keseharian negara yang menganut ideologi ini.

Dan beberapa orang juga menganggap bahwa Liberalisme dan capitalisme mempunyai banyak kesamaan. Seperti yang diterpkan di negara Amerika Serikat. Ditandai dengan masyarakt dengan pikiran yang terbuka, individual yang bebas berpendapat dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. 
Bahkan mereka pro serta mendukung adanya LGBTQ+ di negara mereka. 

Masih banyak sekali ideologi yang ada di Ilmu Politik, marxis, sosialis, liberalis, demokratis, anarkis, komunis, kapitalis dan masih banyak lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar