Jumat, 20 November 2015

Political Sciences and It's Relation to Others Social Sciences


Hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Politik Lainnya

Ilmu politik tentu saja mempunyai hubungan dengan ilmu yang lainnya, bukan hanya murni ilmu politik saja. Ilmup olitik juga mempunyai tiang-tiang pembangun fondasi ilmu politik itu sendiri.

Pertama.
Ilmu politik yang mempunyai hubungan dengan Ekonomi. 
Ilmu politik dan ilmu ekonomi menjadi satu sebelum abad ke-18 dan disebut Ekonomi Politik. Mengapa politik dikaitkan dengan ekonomi? Karena tentu saja sebuah pemerintahan perlu membayar kebutuhan-kebutuhan yang bersangkutan dengan kepentingan pemerintahan. Dan juga, ekonomi berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyrakat. Distribusi, impor, ekspor dan segala hal atau transaksi yang berkaitan dengan uang, itulah ekonomi. Teori Marxist megambil peran besar dalam hal politik ekonomi ini.

Kedua.
Ilmu politik yang mempunyai hubungan dengan Sosiologi. 
Kenapa? Pada dasarnya sosiologi adalah bagaimana cara bersosialisasi dengan manusia lainnya di kehidupan ini. Tentu saja politik mempunya hubungan erat serta keterkaitan yang mendalam dengan sosiologi. Bagaimana cara pemerintahan menangani masyrakat adalah salah satunya. Atau bagaimana suatu kelompok elit pemerintahan "berkomunikasi" secara baik dan benar saat menjelang pemilu tiba.

Ketiga.
Ilmu politik yang mempunyai keterkaitan dengan Geografi.
Geografi secara harafiah diartikan sebagai teritori, wilayah. Sebuah negara tentu saja mempunyai wilayah, bukan? Hubungan politik dengan geografi tentu saja mencangkup perbatasan wilayah antar negara, ketentuan-ketentuan apa saja yang berlaku jika suatu negara melewati batas negara secara ilegal.

Keempat
Hubungan Ilmu politik dengan Sejarah.
Sejarah bagaikan bahan mentah pembentuk suatu negara, setiap hal tentu saja berkaitan dengan sejarah, kan? Seseorang pernah mengatakan bahwa "Sejarah tanpa Politik bagaikan pohon yang tidak mempunyai buah, politik tanpa sejarah bagaikan pohon yang tidak punya akar"

Kelima.
Hubungan antara Ilmu Politik dengan Filsafah.
Seperti yang kita tahu bahwa politik muncul karena adanya pemikiran yang mendalam dari beberapa filsuf yang telah dikenal namanya. Tanpa filsuf yang telah menciptakan teori serta hasil pemikiran dan juga filsafah ilmu yang mengacu pada dunia politik, tentu saja politik sampai saat ini tidak akan ada.

Keenam.
Keterkaitan antara ilmu politik dengan Psikologi.
Politik dipenuhi dengan manusia, diatur oleh manusia. Tentu saja, mana mungkin dengan kucing?
dan ilmu yang mempelajari tentang manusia adalah Psikologi, bagaiman cara pola pikir seorang manusia, kualitas emosional, analisis mengenai karakter dan sifat manusia dan sebagainya.

Ketujuh.
Keterkaitan antara ilmu Politik dengan Agama.
Mengacu pada kepercayaan serta agama yang dianut oleh manusia. Bagaimana seorang manusia percaya bahwa mereka mempunyai Tuhan yang selalu ada buat merek. Dan keterkaitannya dengan politik, beberapa kelopok politik berbasis atas beberapa negara tertentu.

Kedelapan.
Hubungan antara ilmu politik dengan Hukum.
Petinggi-petinggi elit suatu pemerintahan yang berperan besar dalam dunia politik bisa jadi buta akan uang, mungkin saja mereka akan melakukan hal khila, sebut saja korupsi.
Dan untuk mengatasi itu, dibutuhkan hukum legal yang berlaku untuk memberikan hukuan kepada siapapun yang melanggar norma tertulis maupun tidak tertulis tersebut.
Juga dengan adanya hukum, konflik di dalam dunia politik bisa terselesaikan.
Namun sepertinya tidak terlalu berpengaruh di tanah air kita tercinta ini, ya?

Kesembilan.
Keterkaitan antara ilmu poltik dengan Antropolgi.
Apa itu Antropologi? Antropologi adalah budaya, bahasa, kebiasaan, adat istiadat, bagaimana cara masyarakat hdiup, bagaiman cara masyrakat berfikir, bagaimana cara masyarakat berperilaku, bagaimana cara masyarakat bekerja, bagaimana cara suatu masyarakat berkomunikasi dan masih banyak lagi.
keterkaitan antara ilmu politik dengan Antropologi lebih mengacu pada acara yang membutuhkan unsur budaya di dalamnya.
Contoh seperti pesta sebelumm pemilu yang mengundang penyanyi dangdut. Dangdut kan salah satu budaya Indonesia bukan?

Jadi tentu saja, ilmu politik bukan hanya murni ilmu politik. Ilmu politik di suatu negara mengatur seluruh hal yang berkaitan dengan masyrakat. Dan aspek-aspek yang menyangkut dengan masyarakat yaitu sembilan hal yang telah di bahas tersebut.

Tanpa kesembilan aspek tersebut yang dikaitkan dengan ilmu politik, tidak akan ada titik temu antara masyarakat dan para manusia yang duduk diatas kursi politik tersebut kan?
Ya namun tentu saja saya berharap kesembilan aspek ini mendapatkan pengamatan yang lebih serius, yang lebih terperinci dan nantinya akan bisa di implementasikan ke kehidupan nyata.
Karena dunia politik yang mencangkup segala hal, tentu saja manusa yang berkaitan dengan ilmu politik harus lebih bermutu, bukan? Membuat semua menjadi lebih baik dengan tenggang waktu yang lebih cepat, bukan nya berleha-leha dengan semua kekayaan yang mereka dapat karena bekerja sebagai salah satu petinggi di dunia politik.

Sungguh menyebalkan.

Jadi kapan Indonesia menjadi lebih baik jika hal seperti terus-menerus terjadi hingga sekarang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar